Monday, January 15, 2007

S.E.M.I.N.A.R

Akhirnya saya bisa menjalankan Seminar Tugas Sarjana.. Setelah menanti selama beberapa bulan, akhirnya penantian tersebut berakhir di suatu pagi, di ruang seminar lab gas engine.. Walaupun tidak dapat tidur semalaman, namun seminar berjalan cukup lancar.. Dengan dihadiri oleh sekitar 20 mahasiswa dan dua orang dosen pembimbing saya memulai seminar tersebut dengan perasaan deg2an..

Pak Iman : “.. Iya kita mulai saja seminar yang akan dibawakan oleh jomes ini..”

Saya : “Okeh.. Ass wr wb.. Selamat pagi semua.. Yang terhormat Pak Iman.. Yang terhormat Pak Tirto.. serta teman2 yang saya.. yg saya..” (bingung mau ngomong apa, maka yang terlintas..) “.. yang saya sayangi dan saya cintai..”

(Serentak orang2 tertawa..)

Saya : (sambil melihat ke laptop) “Pada kesempatan ini saya akan mempresentasikan penelitian tugas akhir saya yang berjudul Pengaruh Penggunaan Biodiesel dari Kapuk randu atau Ceiba pentandra L pada Motor Diesel Direct Injection..”

Saya : (melihat ke laptop) “ adapun latar belakang dari penelitian ini adalah menipisnya cadangan minyak bumi sehingga diperlukan sumber energi baru yang..”

Pak Tirto : “tunggu sbentar!”, “ Kamu tu presentasi ke laptop apa ke penonton?! Kalo presentasi liat ke penonton dong.. jangan ke laptop terus..”

Saya : “Oiya.. sorry pak.. baik kita lanjutkan..”

Pembukaannya memang terlihat kurang meyakinkan.. tapi setelah beberapa lama, setelah berhasil meredam rasa deg2an, terutama memasuki sesi tanya jawab terlihat lumayan juga..

Penanya : “ Saya agak ragu mengenai potensi dari biodiesel, menurut saya biodiesel kurang dapat diandalkan di masa depan.. menurut anda?? ”

Saya : “Gini yah saya cuma mau meluruskan pemikiran anda yang salah selama ini mengenai biodiesel!! Menurut saya, anda kurang memahami mengenai masalah ini!! Menurut saya nanti kedepannya justru biodiesel akan memegang peranan yang cukup penting sebagai salah satu sumber energi di negara ini.. Negara ini gak bisa terus2an tergantung sama minyak bumi yang cadangannya makin hari makin menipis!! apalagi sekarang indonesia udah jadi net importir minyak bumi.. apa mau kita trus2an ngimpor mulu??! Kenapa kita gak manfaatin sumber daya hayati yg ada aja??! gak ada salahnya dong nyoba bahan bakar alternatif!! Jadi kurang dapat diandalkan gimana??!! ”

(Penonton tepuk tangan..)

Dan kalimat terindah yang saya dengar pada hari itu adalah kalimat yang menandakan telah berakhirnya seminar tersebut..

Pak Iman : “ .. ada yang mau bertanya lagi?? Ada?? Ya sudah kalau tidak ada kita tutup saja seminar pada pagi hari ini..”

Huaa.. Betapa leganya abis seminar.. sekarang sidang menanti…

1 down, 1 to go..

5 comments:

Anonymous said...

wah mes,, selamat ya..

btw itu dosen manggil kamu 'Jomes'? gaul amat dosennya..

iya,, kadang dosen suka terganggu sama pandangan mahasiswa yang ga ke penonton tapi ke laptop (jadi kaya si tukul, haha)

kembali ke lap..toooopp..

kapan nih makan2nya?
and then Jomes said: sidang aja belum kelar...

semangat ya sidangnya..

frilo said...

Rime, bukan gitu
and then jomes said : '2 minggu lagi'...

Anonymous said...

pokonya kalo ada acara makan-makan saya ikuuuuutttt..

heh, jodi! gimana sih niat dobel det ko ga jadi jadi. tapi ntar aja deh ya, kalo si pacar uda balik dari papua.

to Rima : Jomes kan emang Jodi Mesra, bukan sebangsa nama beken gituh.. hekekekekekekek..

Anonymous said...

selamat brur!!!! jangan lupa ucapan terimakasih di laporan TA-nya harus memasukkan nama kakakmu yang ganteng dan baik hati ini!!!! hehe. gutlak yeee

Anonymous said...

Tetap semangaaaat :D